Home » , » Download Soal Psikotes dan Tips Menghadapi Psikotes

Download Soal Psikotes dan Tips Menghadapi Psikotes

Written By Depid on Sunday, May 5, 2019 | 2:20 AM

Hai akhirnya setelah beberapa pekan tidak menulis, ada niat juga akhirnya untuk menulis. Tulisan saya kali ini merupakan tindak lanjut artikel saya beberapa tahun lalu perihal Tes Psikotes Kuliah Kelas Kerjasama PT PLN dimana banyak komentar bahwa contoh soal psikotest yang gagal untuk di download. Selain itu mungkin dalam artikel yang berjudul Download Soal Psikotest dan Tips Menghadapi Psikotest ini akan menjelaskan sedikit rinci terkait item tes yang menurut saya sangat penting dan utama.

Contoh soal psikotest ini setelah saya baca-baca hampir semuanya diujikan dalam psikotest seleksi penerimaan mahasiswa kelas kerjasama PT PLN (Persero). Namun tidak menutup kemungkinan (dan saya cukup yakin) perusahaan-perusahaan BUMN lainnya pasti mengujikan item uji psikotest yang identik dengan contoh soal psikotest ini.



Kalian tahu tidak apa sih Psikotes itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesi (KBBI) Psikotes adalah prosedur pemeriksaan yang telah mengalami pembakuan, yang dimaksudkan untuk menyelidiki dan menetapkan sifat-sifat psikis khusus individu; pengujian mental: seleksi kedua ialah wawancara dan -- untuk menjajaki kemampuan belajar

Pengertian lain dari psikotes merupakan serangkaian tes yang dilakukan oleh Psikolog (profesional) atas permintaan klien (individu atau organisasi) untuk memberikan gambaran utuh tentang aspek-aspek psikologis seseorang sesuai dengan kebutuhan dan keperluan klien. 

Psikotes sebenarnya bukan ujian, karena itu tidak benar kalau dikatakan tidak lulus ujian psikotes; karena yang dilakukan oleh Psikolog adalah meminta respon atas pernyataan/pertanyaan yang diberikan kepada individu sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya orang yang bersangkutan. Respon tersebutlah yang dijadikan indikator untuk memberikan gambaran profile setiap individu yang mengikuti tes.

Kalau begitu, mengapa ya ada yang tidak "lolos" dalam Psikotes? Jadi begini, setiap kali klien yang meminta psikotes (Perusahaan) biasanya menentukan standar ‘norma’ atau minimal didiskusikan dengan klien tersebut ‘norma’ yang menjadi acuan bagi Psikolog dalam menentukan batas “kelolosan” tersebut. Dalam hal ini bukan psikolog yang menentukan ‘norma’ tersebut; Psikolog hanya membantu klien (Perusahaan) memetakan individu sesuai dengan standar norma tersebut, apakah masuk dalam kategori ‘biru, kuning, atau merah’.

Pertanyaan selanjutnya, jadi apa ya yang diukur dalam Psikotes? Psikotes mengukur segenap kompetensi yang ada dalam diri individu. Oleh karena itu biasanya ‘norma’ ditentukan berdasarkan posisi dimana individu tersebut akan ditempatkan, atau peran apa yang akan dilakukan oleh orang tersebut. Dengan demikian sebenarnya yang dilakukan oleh Psikolog adalah membantu pihak manajemen dalam melakukan ‘the right man on the right place’ atau ‘job-fit’. Oleh karena itu teman-teman tak perlu kecewa kalau tidak ‘lolos’, karena kesemua tes yang diberikan adalah menggambarkan kemampuan dan kompetensi teman-teman sesuai dengan respon yang kalian berikan. Yang perlu dilakukan adalah introspeksi diri, karena mungkin selama ini kalian belum memahami diri kalian secara seksama. 

"Ingatlah bahwa keberhasilan Anda bukanlah takdir, tapi merupakan upaya yang sungguh-sungguh Anda ingin wujudkan. Berusahalah terus menerus dan perbaikilah diri Anda terus menerus, Insya Allah yakinlah sukses"

Lalu apa yang perlu diperhatikan atau tips dalam menghadapi Psikotes ini? Yang saya garis bawahi di sini ada dua poin, yaitu:
  1. Psikotes bukan merupakan ujian, maka sebenarnya teman-teman tidak perlu belajar mengerjakan tes atau bahkan kursus kilat untuk ikut psikotes. Yang diperlukan adalah kesiapan mental dalam mengikuti psikotes; karena keselurahan tes yang diberikan  adalah untuk menggambarkan kepribadian kalian secara keseluruhan, maka ketika kalian nyontek atau tidak konsen pada waktu psikotes akan mempengaruhi gambaran diri kalian. Ketika Psikolog menemukan kepribadian ‘ganda’ dalam diri kalian biasanya direkomendasikan dalam kategori ‘merah’ artinya anda tidak lolos
  2. Sebelum psikotes, sebaiknya teman-teman istirahat yang cukup, karena psikotes biasanya memerlukan waktu yang lama dan cukup melelahkan (pengalaman saya seharian dari pagi sampai sore). Pada dasarnya tes yang diberikan merupakan keadaan sehari-hari yang kalian jumpai, namun karena waktunya yang terbatas itulah yang melelahkan. Ingat ritme emosi kalian dalam mengerjakan tes juga akan tergambar dalam hasil psikotes kalian.

Penjelasan di atas merupakan kata pengantar perihal Psikotes, jadi sudah tahu kan pengertian dan tujuan yang dicari oleh perusahaan-perusahaan dari diadakannya Psikotes ini?

Bagi teman-teman yang sudah tau dan mungkin "penasaran" dengan model tes nya seperti apa, tenang saya akan share contoh soal yang bisa di download di link di bawah.



Setelah mendownload, apakah teman-teman sudah puas? Hehehe saya yakin belum ya, pasti masih ada yang penasaran lagi. Bagi yang penasaran, boleh lah bertanya-tanya pengalaman saya ketika menghadapi tes ini di kolom komentar. Namun saya juga akan membagikan informasi terkait dua hal penting item tes dalam Psikotes ini. Apa itu? Yang pertama adalah Tes Kraepelin atau Tes Koran dan yang kedua adalah Tes Wartegg. (bukan Warung Tegal lo ya! Hehe)


A. TES KRAEPELIN atau TES KORAN

Sudah download soalnya kan ya? sudah lihat wujud dari Tes Kraepelin atau Tes Koran kan? Jadi begini, Tes Kraepelin dipergunakan sebagai Tes Bakat, Tes Sikap Kerja, dan Tes Kepribadian untuk menentukan tipe performance seseorang. Dari hasil perhitungan obyektif, dapat diinterpretasikan empat (4) faktor bakat, yaitu: kecepatan, ketelitian, keajegan dan ketahanan.

Menurut Anne Anastasi, Tes Kraepelin merupakan Speed Test. Ciri utama dari speed test adalah tidak adanya waktu yang cukup bagi testi untuk menyelesaikan semua soal. Jadi pada Tes Kraepelin ini, testi memang tidak diharapkan untuk menyelesaikan sepenuhnya semua jalur. Yang dilihat disini adalah bagaimana kecepatan kerja testi dalam menyelesaikan setiap lajur. Kemudian aspek psikologis yang ikut berpengaruh dalam penyelesaian Tes Kraepelin ini bermacam-macam, diantaranya persepsi-visual, koordinasi sensori-motorik, pushing power, ketahanan, learning effect.

Langsung saja ya, jadi saat mengerjakan Tes Kraepelin atau Tes Koran atau Tes Pauli ini usahakan teman-teman teliti dalam menjumlahkan angka dengan benar dan harus stabil pada masing-masing kolom, Kendalikan diri kalian untuk menghemat tenaga dan waktu sambil mendengarkan arahan dari pengawas. Karena semakin banyak kesalahn yang dilakukan, menunjukkan bahwa kalian orang yang tidak teliti, tidak cermat dan tidak hati-hati serta kurang memiliki daya tahan yang cukup terhadap stress atau tekanan pekerjaan.

Ada pertanyaan? silahkan kita diskusikan di kolom komentar yaa 😊


B. TES WARTEGG

Tes wartegg atau sering disebut dengan tes melengkapi gambar merupakan salah satu Tes Psikotes/psikometri yang sering diujikan dalam seleksi karyawan atau tenaga kerja baru dalam perusahaan. 

Dalam Tess wartegg, kalian akan menemukan 8 kotak yang berisi dengan coretan-coretan kecil dengan perintah agar kalian meneruskan coretan tersebut dengan gambar sesuai dengan imajinasi kalian. Selain itu kalian juga akan disuruh memberi nomor urut pada gambar mana yang lebih dahulu dikerjakan, serta memilih gambar mana yang tersuli, termudah, paling disukai, dan yang tidak disukai yang disertai dengan alasan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan contoh tess wartegg.


Langsung saja ya, jadi yang perlu teman-teman ketahui tentang tes wartegg ini, jangan sepelekan mengerjakan tess wartegg diatas. Untuk dapat lulus menegrjakan tes diatas, berikut ini beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk mengerjakan tess wartegg tersebut.
  • Usahakan lembar kertas tetap dijaga kebersihannya
  • Jika anda laki-laki, jangan mulai mengerjakan tess dari nomor 5, dari segi penilaian jika anda mengerjakan dari nomor lima terlebih dahulu berarti anda memiliki kelainan seksual
  • Sebaikanya anda tidak mengerjakan dengan cara urutan, sebaiknya diacak misalnya dari 1,2,3,4,5,6,7,8 menjadi 1,2,3,4,8,7,6,5 hal tersebut menandakan anda adalah pribadi yang kreatif, sedangkan jika anda mengerjakan secara berurutan menandakan anda seorang pribadi yang kaku, dan jika anda mengerjakan secara tak beraturan menandakan anda seorang pribadi yang tidak dapat diatur
  • Mulailah menggambar dari coretan yang paling mudah
  • untuk nomor (1,2,7,8) gambarlah makhluk hidup dan bentuk yang menunjukkan sifat feminin
  • Untuk nomor (3,4,5,6) gambarlagh benda mati dan bentuk yang menunjukkan sifat maskulin
  • Gambarlah dengan jelas agar mudah dimengerti
  • Usahakan dalam menggambar, anda tidak banyak menghapus gambaran karena hal tersebut menandakan anda peragu dan tidak terencana. Sedangkan jika menggambar terlalu kuat untuk garis yang seharusnya lembut menandakan anda orang yang keras kepala

Sekian artikel tentanng Download Soal Psikotes dan Tips Menghadapi Psikotes, apabila ada kesalahan kata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya dan semoga memberikan manfaat bagi teman-teman yang akan melamar pekerjaan ataupun yang saat ini akan menghadapi Psikotes ini untuk seleksi masuk perguruan tinggi kelas kerjasama PT PLN. 

18 comments:

  1. Kak, boleh minta pass file soal psikotesnya ngak? Tolong kirim ke aninsamrli1104@gmail.com ya. Terima kasih bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan cek di emailnya, sudah saya kirim

      Delete
  2. Kak minta password soal psikotest ya tolong kirim ke email meymeilisa05@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ka aku juga email annykobi1@gmail.com

      Delete
    2. Sudah di respon ya. Maaf agak telat. Cek emailnya ya, dan jangan lupa untuk berkunjung ke sini lagi. Terima kasih telah berkunjung

      Delete
  3. serta memilih gambar mana yang tersuli, termudah, paling disukai, dan yang tidak disukai yang disertai dengan alasan. Untuk lebih jelasnya mnta tolong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk lebih detail dan sharing, bisa kontak saya langsung

      Delete
  4. untuk pssword soal psikotest nya boleh minta tidak kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, silahkan kontak saya atau tinggalkan alamat email di sini

      Delete
  5. Kak, boleh minta pass file soal psikotesnya ngak? Tolong kirim ke trisnagani130997@gmail.com ya. Terima kasih bantuannya

    ReplyDelete
  6. Kak, boleh minta pass file soal psikotesnya ngak? Tolong kirim ke trisnagani130997@gmail.com ya. Terima kasih bantuannya

    ReplyDelete
  7. Nice, keren banget postingannya,. Ditambah lagi gan postingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaappp... in shaa Alloh akan selalu share hal-hal positif

      Delete
  8. kak boleh minta paswordnya ? tolong kirim ke email didogiri23@gmail.com ya

    ReplyDelete

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di atas atau dengan menghubungi saya di halaman kontak.

1. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak ditindaklanjuti

close