Home » » Manfaat Sakit

Manfaat Sakit

Written By Depid on Friday, August 17, 2012 | 3:00 PM

MANFAAT SAKIT - Sebagian besar masyarakat menganggap sakit merupakan hal yang paling tidak diinginkan, apalagi kalau sakit tersebut terjadi dalam waktu yang sangat panjang. Tapi, tahukah kamu apakah sakit yang sebenarnya itu? Kalau menurut saya , sakit adalah suatu anugrah dari Sang Pencipta terhadap kita. Bagaimana bisa disebut anugrah? Berikut saya akan mengulasnya...

Apabila kita berpikir secara logika saja, sakit memang adalah sebuah musibah. Namun di sisi lain sakit merupakan bentuk kasih sayang Alloh SWT terhadap diri kita. Memang, kasih sayang cenderung merupakan hal yang harus berbau positif dan enak. Namun, dalam hal ini, sakit merupakan hal yang serupa, karena ini adalah pemberian dari Sang Kuasa.

Manfaat lain dari sakit ini adalah kita menjadi lebih mengingat kepada Sang Pencipta kita. Tak bisa dipungkiri lagi, apabila kita sakit, selain berobat dan menjaga kondisi tubuh, di setiap ibadah kita pasti kita selipkan do'a kepada-Nya untuk kesembuhan kita. Apabila kejadian itu berulang-ulang terus menerus, secara tidak langsung, sakit yang kita derita itu memberikan manfaat yang sangat besar kepada kita, yakni dengan sakit tersebut kita lebih ingat dan dekat kepada Sang Pencipta. Selain itu, pastinya kita selalu berikhtiar kepada-Nya.

Manfaat sakit yang lainnya yaiut mengajarkan kepada kita untuk bersedekah. Mengapa demikian? kita pikir sisi positifnya saja, apabila kita sakit,, pastinya kita akan berobat. Jika sakit yang kita derita tersebut berlangsung tidak hanya sehari, dua hari, bahkan satu minggu. Apabila memang itu yang terjadi, pastinya kita membutuhkan biaya yang banyak untuk pengobatan sakit yang kita derita tersebut. Dari sinilah, saya bisa menyimpulkan kalau manfaat sakit ini mengajarkan kita untuk ikhlas terhadap harta kita.

Jadi selalu bersyukur lah apabila Anda sedanng sakit, juga selalu bersyukurlah apabila Anda merasa sehat. Karena kedua-duanya tersebut merupakan anugrah dari Sang Pencipta yang sama-sama diberikan kepada kita meski dalam hal "kenikmatan" yang berbeda.

3 comments:

  1. Ada yang kurang niii isi artikelnya...
    ngomong2 tentang sakit, ada ceritanya niii :

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    ternyata, sebelum Allah SWT. memberi sakit kepada seseorang, Allah memerintah 4 malaikat-NYA untuk mendatangi orang yang dikehendaki-NYA sakit. Allah SWT. memerintah Malaikat ke1. untuk mengambil tenaganya sehingga menjadikan lemas lunglai tak bertenaga, kemudian Malaikat ke2. diperintahkan untuk mengambil rasa lezatnya terhadap makanan sehingga menjadikan selera makan hilang, selanjutnya Malaikat yang ke3. ditugaskan untuk mengambil cahaya / aura dari wajah orang tersebut sehingga nampa pucat - pasi dan Malaikat yang terakhir ditugaskan untuk mengambil DOSA orang tersebut.

    Allah maha pengasih lagi maha penyayang.

    Sebelum Allah SWT. menyembuhkan orang yang diberi-NYa sakit tersebut, "DIA" memerintahkan malaikat ke1,2 dan 3 untuk mengembalikan semua apa yang telah di ambil, kecuali malaikat yang ke4, Dia melarang malaikat-Nya untuk mengembalikan apa yang telah diambilnya (DOSA). Lalu para malaikat bersujut kepada Allah dan bertanya, "mengapa tidak kau kembalikan dosa yang tlah kau ambil ini Ya Allah ?"...
    Allah SWT. menjawab, " ...(sebagian cerita lupa)... dan buanglah dosa2 itu kedalam lautan...(sebagian cerita lupa)...

    kesimpulanya, seseorang yang telah bangkit/sembuh dari sakitnya, hendaklah bersujud syukur kepada Allah SWT. karena didalam sakit ternya ada peleburan dosa2 mu.

    Sekian cerita yang saya suguhkan dan semoga dapat bermanfaat. Cerita ini versi M.Toha Eka P. mungkin ada kisah yang salah atau dialog yang salah saya mohon maaf yang sebesar - besarnya.

    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  2. @Anonim: Waw..., buat M. Toha Eka, makasih banyak ya buat ceritanya..., sujud syukur itu memang perlu sekali ketika kita di beri kenikmatan oleh Alloh SWT... :)

    ReplyDelete