Home » » Jalur Bus Jogja ke Semarang

Jalur Bus Jogja ke Semarang

Written By Depid on Wednesday, December 18, 2013 | 6:05 AM

Naik Bus Jogja - Semarang - Setelah kopdar Blogger Nusantara 2013 Jogja kemarin, banyak hal baru yang saya peroleh, salah satunya adalah naik bus umum dari Jogja ke Semarang. Di sini saya akan share dari terminal Giwangan yang sangat terkenal.

Sebenarnya, perjalanan naik bus dari Jogja ke Semarang susah-susah gampang. Kenapa demikian? Saya akan mulai menjelaskan dari yang mudah terlebih dahulu. Ketika kita berada di terminal Giwangan, kita harus mencari bus arah Semarang. Letak bus yang menuju arah Semarang sangat gampang di cari, sebab banyak petunjuk dan juga banyak petugas peron yang bersedia untuk memberi tahu. Bus dari terminal Giwangan menuju Semarang umumnya adalah bus Ekonomi (Bumel). Tidak ada bus Eksekutif ataupun Bus ATB (AC Tarip Biasa). Jadi, yang kepengen mudah balik ke Semarang dari Jogja, adalah dengan naik bus dari terminal Giwangan. Namun satu kelemahannya, busnya adalah bus bumel-bumel.

Po. Ramayana (Jogja-Smg)
Cara yang kedua adalah dengan transit dulu ke terminal Jombar. Dari terminal Giwangan kita naik bus aja menuju terminal Jombar. Dari pengalaman saya kemarin, saya naik bus bumel Semarang-an untuk transit di terminal Jombar. Biaya yang saya keluarkan dari erminal Giwangan-Jombar adalah Rp 5.000,00. Sesampainya di terminal Jombar, kita nanti akan langsung tahu bus-bus yang akan berangkat dari Jogja ke Semarang, diantaranya adalah Bus Ramayana (Jogja-Semarang) dan Bus Nusantara (Jogja-Semarang-Kudus). Sebelum naik bus yang kelasnya eksekutif tersebut, kita harus membeli dulu tiket busnya didekat pemberangkatan bus tersebut. Harga tiket adalah Rp 40.000,00 (dapat air minum gelasan).

Po. Nusantara (Jogja-Smg-Kudus)

Nah, cukup sekian dulu yang dapat saya tulis untuk transportasi dari Jogja ke Semarang dengan angkutan bus. Semoga dengan adanya tulisan jalur bus Jogja ke Semarang ini dapat membantu teman-teman yang masih bingung. Sekian dari saya, dan semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. yang dari Solo ke Semarang ada ga gan??? :D

    ReplyDelete
  2. dulu agustus-september 2012 tarif jogja semarang masih 35k. :D ga tau sekarang berapa tarifnya, jadi pengen ke semarang lagi.. :D

    ReplyDelete