Home » , » Jalur dari Ponorogo ke UNDIP Semarang

Jalur dari Ponorogo ke UNDIP Semarang

Written By Depid on Thursday, July 11, 2013 | 8:26 AM

Berikut saya akan beri penjelasan mengenai perjalanan dari Ponorogo ke Semarang sampai di UNDIP dengan memanfaatkan layanan transportasi darat seperti bus. Oke langsung saja, bagi kawan-kawan dari Ponorogo yang ingin ke Semarang, pertama-tama yang harus kalian lakukan adalah:

  1. Pergi ke terminal Seloaji Ponorogo. Saya beri tips, jangan mencari bus di dalam terminal. Cari saja di luar terminal dan naiklah bus jurusan Surabaya-nan. Ini karena bus-bus tersebut lajunya lebih cepat dari pada bus-bus jurusan Ponorogo-Madiun (Bus Cendana). Saya rekomendasikan naik bus PO.RESTU atau PO.JAYA. Turun di ring road Madiun. Tarif bus adalah Rp 5.000,00, untuk KL Rp 4.500,00. 
  2. Selanjutnya, ketika sampai di Ring Road Madiun, kalian tunggu lagi bus dengan jurusan Solo Yogya. Biasanya yang sering muncul (dan memang demikian) adalah PO.SELAMAT Group dan PO.EKA MIRA. Untuk PO.SELAMAT Group ada armada PO.SUMBER SELAMAT dan PO.SUGENG RAHAYU. Sementara untuk PO.EKA MIRA yang lewat Madiun untuk jurusan Solo Yogya adalah PO.MIRA. Setelah naik, nanti bilang saja kepada kondektur turun terminal Tirtonadi Solo. Untuk tarifnya adalah sekitar Rp 13.000,00 dan untuk KL biasanya Rp 11.000,00 (Kalau tidak salah)
  3. Setelah sampai di terminal Tirtonadi Solo, masuk terminal dengan membayar peron Rp 500,00 dan untuk naik bus dengan trayek Semarang (jalur barat) teman-teman jalan saja terus lurus ke arah barat sampai notok. Nanti ketemu dengan banyak bus-bus yang sudah menghadap ke utara dengan banyak Jurusan. Pilihlah bus dengan jurusan Semarang. Biasanya yang ada dan terkenal dan terjamin juga kenyamanannya ada PO. ROYAL SAFARI, PO. TARUNA, PO.NEW ISMO, PO.RAJAWALI, PO.SAFARI LUX, PO SHANTIKA, PO.EKA, PO SUGENG RAHAYU, PO SUMBER SELAMAT. Catatan, di terminal tersebut banyak sekali calo berkeliran. Baca tipsnya dulu agar tidak jadi sasarannya di sini.
  4. Setlah naik bus jurusan Semarang, biasanya tak lama kemudian kondektur akan menarik ongkos karcis. Biasanya tarip yang umum Solo-Semarang adalah Rp 20.000,00. Perjalanan Solo-Semarang apabila naik bus agak lama, karena jalur padat. Jangan lupa nanti pas mau turun, kira-kira sampai di Banyumanik, bilang kondektur turun di Swalayan ADA agar bisa oper angkutan ke kota.
  5. Setelah turun di depan Swalayan ADA, cari angkot (warnanya orange) untuk turun di Patung Kuda. Ongkos biasnya Rp 3.000,00. Setelah sampai turun di Patung Kuda, masuk ke arah Patung Kuda. Di sana ada angkutan mobil berwarna kuning. Nah, naik itu dan bilang turun UNDIP. Maka sampailah kita pada tujuannya.
Oiya, untuk yang mencari alamat Politeknik Negeri Semarang (POLINES) juga sama seperti UNDIP.
Semoga membantu teman-teman yang belum pernah ke Semarang khususnya bagi teman-teman yang di Ponorogo.
Berikut gambar dan nama bus yang saya rekomendasikan.

Dari Ponorogo ke Madiun pakai:

Dari Madiun ke Solo pakai:


Dari Solo ke Semarang:

6 comments:

  1. thx atas infonya,
    salam kenal, jg lupa kunjungi blog ini http://ni3ma.blogspot.com n kasih komen

    ReplyDelete
  2. Visit yawningdawn.blogger.com thank you

    ReplyDelete
  3. Jadi dari Ponorogo ke Undip itu berapa lama waktunya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekiar 6 jam an lebih biasanya...,,

      Delete