Home » » Tips Mencari File Type di Google

Tips Mencari File Type di Google

Written By Depid on Saturday, May 19, 2012 | 9:06 AM

Google mempunyai kemampuan tinggi sehingga disukai oleh masyarakat dunia. Salah satu kemampuan tersebut adalah mencari berdasarkan isi dari suatu file. Masih bingung? 

Misalkan Anda bisa mencari semua file .pdf yang mempunyai kata hacking di dalamnya. Caranya adalah dengan menggunakan perintah filetype:. Jadi untuk mencari semua file .pdf yang mempunyai kata hacking, masukkan perintah filetype:pdf hacking pada Google.

Misalkan Anda ingin mencari artikel yang berformatkan .pdf, dan artikel tersebut misalkan tentang sejarah komputer, ketik saja di menu search Google dengan tulisan filetype:pdf sejarah komputer. Maka artikel yang keluar akan berformatkan .pdf semua, jika Anda meng-klik artikel tersebut, otomastis browser Anda akan muncul notifikasi download file .pdf tersebut. Berikut saya kasih screen shotnya:



Bagaimana? mudah bukan? cara ini juga berlaku untuk file type doc (Documen), ppt (Presentasi), xls (Excel), dan lain-lain. Catatan saja, jangan menyalahgunakan trik ini untuk kepentingan sekolah, seperti saat teman-teman mendapat tugas untuk membuat artikel dengan format document, teman-teman menggunakan cara ini untuk membodohi guru kita. Sungguh sangat tidak dianjurkan.

Mungkin cukup itu yang dapat saya share kali ini, terimakasih atas kunjungannya, selamat mencoba, dan tinggal kan pesan Anda di kolom komentar di bawah ini ya, agar artikel-artikel selanjutnya lebih bagus. Terimakasih...

4 comments:

  1. siip..
    trimakasih.. i will try it. :)
    posting selanjutnya, ditunggu...

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas kunjungannya.. :)

    ReplyDelete
  3. Wah keren sob.. Thanks buat sharingnya.. Tapi Google Search Engine juga punya kelemahannya yaitu tidak mendukung pencarian di situs jejaring sosial kayak Facebook.. :) Thanks atas kunjungannya ke http://muhaziz97.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. @muhaziz97: Wah.., thankyou gan atas masukannya.., :) Oke-oke.., bakal mampir kesana gan...,

    ReplyDelete

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di atas atau dengan menghubungi saya di halaman kontak.

1. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak ditindaklanjuti

close