Home » » Tes Kuliah Kerjasama PT. PLN (Persero)

Tes Kuliah Kerjasama PT. PLN (Persero)

Written By Depid on Tuesday, June 12, 2012 | 7:07 AM

Akhirnya, saya dinyatakan "DITERIMA" di Universitas pilihan saya yaitu Polines (Politeknik Negeri Semarang) dengan jurusan Teknik Mesin bidang Sistem Pembangkit Tenaga Listrik kelas kerjasama PT. PLN (Persero). Banyak sekali rintangan yang saya hadapi dalam hal ini. Banyak juga tes-tes yang saya hadapi. Ini dikarenakan kelas yang saya ambil adalah kelas kerjasama PT. PLN (Persero) sehingga tidak cuma tes Akademik saja yang diujikan.

Di blog pribadi saya ini, saya akan menceritakan (share) kepada sobat-sobat semua tes-tes yang saya hadapi untuk masuk ke kelas kerjasama PT. PLN (Persero). Selain itu di sini saya juga akan menceritakan secara rinci semuanya di sini. Saya mulai cerita saya dari sini.

Awalnya bermula dari cita-cita saya untuk menjadi seoarng karyawan/tenaga ahli di PLN. Sehingga saya mencari sekolah yang langsung kerjasama dengan PT. PLN (Persero), karena lulusan dari sekolah tersebut yang memenuhi syarat (IPK lebih dari atau sama dengan 2.75) bisa langsung bekerja di PLN. Kala itu sore hari, saya iseng googling tentang "Politeknik kerjasama PT. PLN 2012". Akhirnya sore itu saya menemukan juga, yaitu di Polines. Semangat saya pun menyala-nyala sepeti api.

Malam harinya, saya memutuskan untuk daftar online di website resmi kampus tersebut. Di sinilah permasalahan pertama muncul. Ketika saya sudah mengisi form pendaftaran online, di tahap terakhir yaitu download bukti untuk pembayaran formulir mengalami kegagalan, karena saya memakai idm. Sedangkan bukti untuk pembayaran tersebut tidak bisa di download menggunakan idm. Saya mencoba meng-uninstall idm saya, namun form tersebut tidak bisa di download untuk kali kedua. Saya langsung "lemes", pasrah, dan kecewa. Pikiran saya menjadi tidak karuan.

Saat itulah Alloh membantu saya. Malam hari saya tidak bisa tidur akan hal itu. Saya mengaji, sholat, dan berdzikir aga diberi jalan keluar. Sebelum tidur, saya menceritakan kejadian tersebut kepada teman perempuan saya (1 sekolah, 1 kelas pula). Dia memberikan saran kepada saya untuk selalu minta petunjuk kepada Alloh. Keesokan harinya, ketika saya mau futsal (untuk menghilangkan stress) teman saya tersebut menanyakan alamat e-mail saya. Ternyata apa??? Dia mengirimkan alamat e-mail saya tersebut kepada staff kampus, agar form saya yang tadi malam tidak bisa di download bisa di kirim melalui e-mail. Sungguh tak terduga. Teman saya tersebut telah membantu saya untuk bisa menggapai cita-cita saya. Mungkin inilah jawaban dari Alloh SWT yang mengirimkan seseorang untuk membantu saya.

Malam harinya saya mengecek e-mail saya, dan ternyata ada e-mail masuk dari pihak kampus yang isinya mengirimkan form tersebut. Alhamdulilah, langkah saya tidak terhenti di sini. Saya kembali bersemangat lagi. Satu hal yang dapat dipetik dari kejadian ini adalah jangan putus asa. Selalulah untuk minta bantuan Alloh SWT secara tulus, dan jalankan semua perintahnya, insyaalloh Alloh akan selalu membentu kita. 

Setelah form saya print out, bergegas keesokan harinya saya ke bank untuk membayar pendaftaran. Setelah itu, di minggu-minggu tersebut diharuskan bagi para calon mahasiswa kelas kerjasama PT. PLN (Persero) untuk mengambil nomor peserta ujian di kampus, yaitu di Tembalang, Semarang. Di sinilah, Alloh kembali menunjukkan kekuasaannya. Kenapa? jujur, saya orang Jawa Timur (Ponorogo), sementara kampusnya terletak di Jawa Tengah (Semarang). Saya sama sekali belum pernah menginjakkan kaki di Semarang. Namun saya wajib ke Semarang untuk mengambil no peserta ujian. 

Alhamdulilah, setelah beberapa hari, ternyata ibuk saya menemukan saudara yang sempat putus kontak. Ternyata itu Om saya, dan kebetulan Beliau berdomisili di Semarang. Subhanalloh, pada saat yang tepat sekali, moment itu datang. Sehingga saya ke Semarang (ke kampus untuk mengambil nomor peserta ujian) di bantu dan diantarkan oleh Om saya tersebut.

Ketika itu tanggal 9 Februari 2012 saya berangkat ke Semarang. Pada tanggal 10 Februari, saya dan Om saya pergi ke kampus untuk mengambil nomor peserta ujian, dan di wajibkan datang lagi ke Polines tanggal 26 Februari 2012 untuk mengikuti Ujian Tulis. Setelah semuanya beres, saya langsung tolak ke Ponorogo. Dalam moment itu, saya sempat kecolongan uang (kena calo nakal di terminal Tirtonadi, maklum aku masih awam soal bepergian sendiri dan di tempat yang belum pernah aku kunjungi). Namun sekarang saya sudah tau bagaimana trik-trik untuk menghindari calo.

Di sinilah, perjuangan saya untuk masuk ke Polines kelas Kerjasama PT. PLN (Persero) kembali di mulai. Tanggal 26 Februari 2012. Di sini saya mengikuti beberapa tes (namun berbeda-beda pelaksanaannya). Setiap tes selalu mengeliminasi setengah dari jumlah peserta. Tes yang saya ikuti antara lain:
  1. Tes Akademik
  2. Psikotes
  3. Tes Kesehatan (Fisik)
  4. Tes Kesehatan (Laboratorium)
  5. Tes Wawancara
Untuk mengetahui bagaimanakah perjalanan saya di tes-tes tersebut, klik saja tes apa yang akan teman baca di atas. Di sana saya juga share mengenai soal-soal apa saja yang diujikan. Oiya, saya menulis artikel ini sekedar share/berbagi cerita, mungkin teman-teman juga ingin masuk di kampus seperti saya dan masih awam, bisa membaca artikel saya ini. Semoga bisa membantu teman-teman.


118 comments:

  1. Selamat ya Mas... Semoga bisa menuntut ilmu dengan berkah... Aamiin... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon bantuanya mas saya salah satu peserta tes jalur pln 2016, arismijan123@gmail.com

      Delete
  2. @Bisidamu: Alhamdulilah.. iya mas, teimakasih, smoga bisa menuntut ilmu-Nya dan mendapatkan berkah-Nya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas boleh minta contoh solnya mas. . Tolong yah.. dsailong@gmail.com toloong sekali yah mas. . Hari ini butuh sekali. . Pliiiss

      Delete
  3. selamat ya mas, sudah siterima di tempat yang diidam idamkan. semoga ilmu yang didapat bisa bermanfaat

    ReplyDelete
  4. @ndaroini: Iya semoga saja lancar belajarnya

    ReplyDelete
  5. selamaaat. . saia sudah subscribe email. .

    ReplyDelete
  6. @niken: Iya.., terimakasih juga atas do'anya, semoga belajarnya lancar...

    ReplyDelete
  7. hello mas :)
    saya juga sedang mau mengikuti jejak mas ntuk jadi mahasiswa politeknik kerjasama dengan pln yang di daerah bali :)
    kalau boleh berbagi pengalmannya mas, pas tes kesehatannya yang di tes tu apa aja iya?
    and yang perlu di siapin apa ja.hehe
    sekalian tipsnya iya.heheh
    tanks :)
    mohon bntuannya :)

    ReplyDelete
  8. @boykean: Wah.., sip gan!! :)
    Hmm.., untuk yang itu belum sempet share di sini memang. Hehehe
    Tapi ini bentar lagi share kok.
    Tesnya itu 2, fisik n lab. Kalau tidak lolos fisik, labnya tidak ikut. Fisik itu sepertai mata, keseimbangan, BB n TB, sama pemeriksaan dokter. untuk labnya darah, urin, radiologi, telinga gan. Yang pasti hindari makanan instant (junk food) dan sering2 olah raga pagi biar bugar. Terus menjeleng tes itu, jangan berolahraga berat (futsal dkk), olahraga rutin aja seperti joging tiap pagi... :)

    ReplyDelete
  9. owh gtu iya gan :)
    tanks infonya gan :)
    doain ane lulus iya gan,heheh
    biar ane bisa ngikutin jejak agan senior.:D

    ReplyDelete
  10. @boykean: Oke gan.. :) Semoga sukses.. Eh, eh, ane belum senior, baru tahun ini juga ketrima. Oiya gan, follow my blog ya.. :)

    ReplyDelete
  11. gan ane minta soal ujian tulis gan..
    besok q mau tes ujian tulis..
    kirim ke mbisririfai@yahoo.com

    ReplyDelete
  12. @Anonim: Waduh gan,,, kalau bisa via gmail saja...,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak....mohon share yh soal tes akademikx. Besok saya ujian kak. Makasih. Sharex ke Irhammuh88@gmail.com

      Delete
  13. km jurusan apa yg d kls kerjasama PLN, gardu induk atau sistem pembangkit?

    ReplyDelete
  14. @Michael Suitella: Saya di Jurusan Sistem Pembangkit Tenaga Listrik. Apakah Anda juga sekolah di Polines? atau ada apa?

    ReplyDelete
  15. masih bisa minta soal?

    ReplyDelete
  16. minta gan
    setu780@gmail.com

    ReplyDelete
  17. kk, aku minta soalnya dong
    aufarosada@gmail.com

    ReplyDelete
  18. aku mau soalnya dong kak

    siska.aprilia06@gmail.com

    trimakasih

    ReplyDelete
  19. aku mau soalnya dong kak

    siska.aprilia06@gmail.com

    trimakasih

    ReplyDelete
  20. Replies
    1. Kak boleekah saya minta soal soal umpn d3kpln nya? Email saya : cindy.siahaan33@gmail.com

      Delete
    2. Soalnya bisa di download sendiri ya di artikel yang lain. Silahkan baca-baca dulu..

      Delete
  21. boleh minta soalnya juga?..
    sekarkristi@yahoo.com
    makasih...

    ReplyDelete
  22. @Anonymous: Maaf untuk yang email yahoo saya tidak bisa mengirimkan. Thankyou

    ReplyDelete
  23. kk minta dong pliz
    andhika.super@gmail.co.id
    semoga agu jadi adik kelasmu :p :p :p

    ReplyDelete
  24. itu soal kerjasama pln dengan universitas apa ya?

    ReplyDelete
  25. min, yang tes wawancara itu apa saja yg ditanyakan ya ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biodata mu, seputar kamu, kenapa pilih PLN, siapkah di tempatkan di seluruh wilayah Indonesia, terus di tanya-tanya soal pemecahan masalah gitu dah

      Delete
  26. Mas, boleh minta soal2nya gak?
    Ini email saya adityabanidp@gmail.com
    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  27. gimana nih bisa dapet soalsoal
    nya ??

    ReplyDelete
  28. Sudah saya kirim ya. Untuk yang masih bertanya gimana cara dapetin soal, baca yang lengkap dulu artikel saya. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas saya juga minta soal'nya, ini alamat email saya indraprabowo465@gmail.com
      makasih sebelumnya

      Delete
  29. mas saya juga mau soalnya, kirim ke abdurrokhmans10@yahoo.co.id
    makasih

    ReplyDelete
  30. gan aku minta soal"nya kirim ke bagus.speed46@gmail.com makasih gan sebelumnya

    ReplyDelete
  31. gan minta soal-soalnya juga dong, ini email saya mahendra.tama@rocketmail.com . terimakasih

    ReplyDelete
  32. kak
    ak juga mnta soalny ya
    ni email ku asifal.charish12@gmail.com
    mkasih kak sebelumnya

    ReplyDelete
  33. kak aku minta passwordnya ini alamatnya tiktikaa96@gmail.com

    ReplyDelete
  34. Saya juga minta soalx...jauhari045@gmail.com thx before....

    ReplyDelete
  35. Done. Yang butuh cepat, bisa hubungi saya lewat medsos

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Kak mau tanya, saya dari lulusan SMK jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan (TKJ) Apa bisa kak ikut kerjasama pln? Sedangkan disana persyaratan tertulis lulusan SMK jurusan serumpun seperti TEKNIK LISTRIK. mohon jawabanya kak terima kasih��

      Delete
  36. minta paswordnya dong
    alifmuhshafala09@gmail.com

    ReplyDelete
  37. minta paswordnya dong soalnya tanggal 3 sy ada tes nih
    nih email sy alifmuhshafala09@gmail.com

    ReplyDelete
  38. mas saya juga mau soal tes pln saya dari s1 teknik elektrro listrik,ardiyudhaanugerah@gmail.com,mksh ya mas

    ReplyDelete
  39. mas,untuk wawancara ditanyain apa aja ya?

    ReplyDelete
  40. kak minta soalnya...
    email saya ramadevara02@gmail.com

    ReplyDelete
  41. gw minta passnya dong ke sandysandoro007@gmail.com thanks broo

    ReplyDelete
  42. minta soalnya.
    febri.adi24@gmail.com
    terimakasih

    ReplyDelete
  43. minta soalnya.
    febri.adi24@gmail.com
    terimakasih

    ReplyDelete
  44. minta soalnya.
    febri.adi24@gmail.com
    terimakasih

    ReplyDelete
  45. kak boleh minta soalnya.
    fanicahyo9@gmail.com
    terimakasih

    ReplyDelete
  46. Mas minta soalnya dong. Ini email saya
    Irsyadm5196@gmail.com

    ReplyDelete
  47. Kak minta soalnya ya
    Email : mutiarahmah0113@gmail.com
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon bantuanya mas saya salah satu peserta tes jalur pln 2016, arismijan123@gmail.com

      Delete
  48. Mas minta soalnya ya..
    ismawatul62@gmail.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
  49. Kak minta tolong banget minta soalnya bisa diemail ke riowicaksono33@gmail.com
    Makasi kak semoga berkah

    ReplyDelete
  50. kak minta passwordnya zakiy99@gmail.com

    ReplyDelete
  51. Kak, minta soalnya ke taufikyardi19@gmail.com
    Makasih

    ReplyDelete
  52. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  53. tolong passwarodnya ya kak ke bangbay9@gmail.com mkasih sblumnya

    ReplyDelete
  54. Gan boleh saya minta contoh soal soalnya? Makasih sebelumnya gan :) hafisarmada12@gmail.com

    ReplyDelete
  55. Bang mau minta soalnya chairulfirmanzah@gmail.com makasih

    ReplyDelete
  56. Kak boleh saya minta soalnya
    gitarohmatin@gmail.com
    Makasih kak

    ReplyDelete
  57. Mas sebentar lagi saya mau tes nih. Boleh izin minta soalnya?
    Email : chandracan19@gmail.com

    ReplyDelete
  58. Bang bisa mintak izin kirimkan soalnya bang ke
    ikhlasulamal3009@gmail.com
    Soalnya sebentar lagi mau test bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas ,bisa minta tolong dikirimkan juga soalnya
      wandasuyono6@gmail.com

      Delete
  59. kakk aku mau dong kirim ke novitakusumawati370@gmail.con
    tks:)

    ReplyDelete
  60. Kak bagi dong soalnya kirim ke email aku iqbalsie14@gmail.com

    ReplyDelete
  61. Misi Kak bisa kirim soalnya di email dwirizkykurniawan98@gmail.com
    karna saya coba download link nya gk bisa semua

    ReplyDelete
  62. Kak aku juga mau soalny kak di email
    mutia1399@gmail.com
    Makaksih kak

    ReplyDelete
  63. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  64. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. Kak minta soalnya kirim ke emailku ya afriyudha98@gmail.com makasih ya kak.

    ReplyDelete
  67. Kak minta soalnya kirim ke emailku ya afriyudha98@gmail.com makasih ya kak.

    ReplyDelete
  68. Kak saya minta tolong untuk dikirimkan emailnya yak gedeka.junirta@gmail.com
    Terimaksi sebelumnya

    ReplyDelete
  69. Kak aku juga mau soalnya dongg. Tolong kirim ke aryatidian23@gmail.com yaa. Terimakasih😊😊

    ReplyDelete
  70. Saya mau juga soal nya kak. Tolong ya kak
    rehan.Alhanafi21@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  71. Assalamualaikum Kak mau tanya, saya lulusan SMK lulusan Teknik komputer dan Jaringan, Apa bisa kak daftar kerjasama PLN juga? Soalnya perayaratan tertulis lulusan SMK jurusan serumpun seperti Teknik listrik. Mohon di jawab kak. Terima kasih 🙏🙏

    ReplyDelete
  72. Assalamualaikum Kak mau tanya, saya lulusan SMK lulusan Teknik komputer dan Jaringan, Apa bisa kak daftar kerjasama PLN juga? Soalnya perayaratan tertulis lulusan SMK jurusan serumpun seperti Teknik listrik. Mohon di jawab kak. Terima kasih 🙏🙏

    ReplyDelete
  73. Saya mau soalnya dong kak makasih
    zqurrotu@gmail.com

    ReplyDelete
  74. Asslamualaikum, tolong dong kak, kirimin soalnya ke email saya : chairatumar24@gmail.com

    ReplyDelete
  75. Assalmualaikum,kak tolong kak bagi soal nya tolongg meli098644@gmail.com

    ReplyDelete
  76. Assalmualaikum,kak tolong kak bagi soal nya tolongg meli098644@gmail.com

    ReplyDelete
  77. assalamualaikum kak. tolong minta passwordnya kak kirim di email arrachmanb04@gmail.com mau tes kak soalnya

    ReplyDelete
  78. assalamualaikum kak. tolong minta passwordnya kak kirim di email arrachmanb04@gmail.com mau tes kak soalnya
    ReplyDelete

    ReplyDelete
  79. Tes ini ada sistem plus minus gak bang ?

    ReplyDelete
  80. Bismillahirrohmanirrohim
    Assalamualaikum mas, boleh minta soalnya;)

    amircahjokam@gmail.com

    Wassalamualaikum wr wb
    Alhamdulillahi jaza kallahu khaira

    ReplyDelete
  81. Boleh minta soalnya kak ?
    Ini email saya winarnis443@gmail.com

    ReplyDelete
  82. Boleh minta soalnya kak? Ini email saya. ilhamahsanuddin2001@gmail.com

    ReplyDelete
  83. Boleh minta soalnya kak? Ini email saya. ilhamahsanuddin2001@gmail.com

    ReplyDelete
  84. Sudah saya kirim semua ya, semoga sukses

    ReplyDelete
  85. Kak tolong minta soalnya, email : astridebianii@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya bisa di download ya di blog ini, baca2 dulu artikel yang lain ya. Nanti pasti ketemu dimana soalnya

      Delete
  86. Kk bgi password x donk,assyari.ramanda@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya replay ya. Semoga sukses dan bermanfaat. Silahkan berkunjung lagi dan bisa bertanya apapun di dalam blog ini.

      Delete
  87. Bagi soalnya dong kak. Efindi55@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya balas ya. Semoga sukses dan bermanfaat. Silahkan berkunjung lagi dan bisa bertanya apapun di dalam blog ini.

      Delete
  88. Kak boleh minta soalnya?
    liana.st29@gmail.com

    ReplyDelete
  89. maaf mas bisa bagi soalnya gak?yulianripasinO@gmail.com

    ReplyDelete
  90. Untuk soalnya bisa di download di sini ya

    ReplyDelete
  91. KAK boleh minta soal dan paswartnya??

    ReplyDelete
  92. Minta soal nya kak saya inshallah tes thun ini athira1428@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di email ya, bisa dicek kembali. Jika ada yang mau ditanyakan, bisa komentar di blog lagi. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa mampir lagi dan beri support ya untuk blog ku ini

      Delete
  93. Boleh minta soalnya mas ayustikasari4@gmail.com,terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di email ya, bisa dicek kembali. Jika ada yang mau ditanyakan, bisa komentar di blog lagi. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa mampir lagi dan beri support ya untuk blog ku ini

      Delete
  94. kak minta soalnya ya ini emailnya kak
    afridac10@gmail.com

    ReplyDelete
  95. fata.ulinuha@gmail.com

    kak minta soalnya boleh?

    ReplyDelete

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di atas atau dengan menghubungi saya di halaman kontak.

1. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak ditindaklanjuti

close